9.29.2008

KBB#7 Ulukuteuk Leunca

#:-S Akhirnya kelar juga bikin laporan. Nggak usah diceritain gimana mumet en paniknya nyuri-nyuri waktu untuk bikin ini di sela-sela orderan lebaran. Sepertinya gw tak sendiri untuk kondisi seperti ini :P.
logo
Kali ini tantangan KBB lain dari biasanya. Karena dalam rangka Ultah-nya yg ke-1 :-*, maka kali ini pe-er otomatis dilombakan.
Walau biasanya tugas berupa baking, karena event spesial, kali ini anggota dibebaskan untuk memilih antara baking dan cooking, selain juga food photography contest. Dengan pede-nya waktu itu gw langsung daftar cooking dan food photography, yang belakangan gw rada nyesel karena gw malah ngadonin kue melulu saban hari. Hihihi... Tapi teuteup, bukan KBB kalo nggak bikin tantangan jadi bener-bener tantangan yang memacu adrenalin. Seru, panik, sutress, sampe jungkir balik di dapur masang segala keperluan putu-memutu.

Gw sendiri ikutan KBB belum lama, sejak Mei 2008. Harusnya sudah 4 tugas termasuk kali ini yang gw kerjain, tapi gw absen 1 kali karena sedang liburan. Jangan sampe gw nggak ngerjain lagi yang sekarang, ato gw bakalan tidak terdaftar lagi sebagai anggota. Heuheu...

oncom
Kembali ke judul... Alhamdulillah, di bulan yang penuh rahmat ini gw diberi rejeki. Susan my friend, memberi gw oncom dan leunca dari Bandung. Hati melonjak gembira mendapatkan barang langka seperti ini. *ksian ya...* Walo sebetulnya nggak pede mau bikin ini, tapi tak ada salahnya gw coba. Mudah-mudahan berkenan...
"Ulukuteuk Leunca. Orang Sunda tentunya sangat mengenali masakan ini. Aromanya menggoda dan juga rasanya pedas berempah. Khasnya masakan Sunda yang sering kali menonjolkan rasa dan aroma kencur pada masakannya. "
bahan :

2 potong oncom bandung
1 genggam leunca, cuci bersih
1 genggam cabe rawit
1 buah tomat, potong-potong
1 tangkai daun bawang, potong serong
3 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
5 buah cabai keriting
2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt terasi
1 ruas kencur
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
1/2 gelas air
5 tangkai daun kemangi, siangi dan bersihkan

Cara membuat :

Photobucket
Selesaiii.... hanya ditemani nasi hangat pun tak masalah...:x
Photobucket

10 comments:

  • Anonymous says:
    29 September, 2008 08:24

    Halo Mbak Ine....
    Bikin aku tambah laper aja nih.. i Love Leunca pake oncom pake nasi putih anget apalagi ada jambal goreng..Slurrrppp...

    Hip hip Huray!!

  • Regina says:
    29 September, 2008 08:31

    aduh... bikin tambah lapar nih, makan siangku gak cukup :( nih leunca, enaknya dimakan pakai tangan... nyum...

  • Anonymous says:
    29 September, 2008 08:51

    enak kayaknya nih mbak jadi pengen nyicip *ups puasa...sukses terus ya mbak salam kenal...

  • Inev says:
    29 September, 2008 10:05

    to rea : hehe... iya tuh ya, enyaakk...
    to regina : naaah itu dia mb, waktu aku ngedit fotonya jg baru kepikiran, napa nggak pasangnya kobokan sama lap tangan. hihihi, habis buru-buru banget motonya.
    to amalia : salam kenal jg. makasi...

  • Unknown says:
    29 September, 2008 13:31

    *kangen bandung*

  • Rita says:
    29 September, 2008 14:49

    dah lama ga pernah makan ulukutek ini... jadi laper nih!!!

  • shashakoe says:
    29 September, 2008 20:26

    fotonay bagusssssss... segerrr

  • Raphaelle Bakes says:
    30 September, 2008 06:25

    waduh..bumbunya susah dicari... pasti enak yach dari fotonya aje dah keliatan ...^_^...

  • Anonymous says:
    13 October, 2008 08:43

    laper laper liatnya! deuh itu pastinya sedap sekali, bs habis nasi 2 bakul ;))
    mba, ak contek resepnya ya, tp leunchanya bs diganti dgn apa ya? krn ga ada yg suka leuncha nih.

  • Anonymous says:
    25 October, 2008 00:50

    Kenal bangeeett... dan kangeeennn :-( nice photo mbak!

    Oh ya dalam rangka 4 taun blogging(newbie banget ya?) aku pingin bagi-bagu badge & icon. Mampir ke rumah ku yaaa :D

    http://cookingetcetera.wordpress.com/badges-icons-for-all/